Bahaya Pestisida (Bahan Kimia) Pada Buah dan Sayur Serta Cara Menghindarinya

Bahaya pestisida (bahan kimia) pada buah dan sayur serta cara menghindarinya. Sekarang ini Penggunaan pestisida dalam bercocok tanam sangat memprihatinkan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya petani yang menggunakannya dalam takaran yang berlebihan. Bahkan mereka mengoplos pestisida dengan bahan kimia lain untuk merawat tanamannya. Biasanya penggunaan bahan pestisida dengan dosis tinggi dilakukan pada tanaman buah-buahan dan sayuran.

Tentu hal itu akan membawa dampak buruk dan bahaya pestisida pada tubuh kita. Hasil panen buah dan sayur yang dipetik akan mengandung zat-zat kimia. Kemudian zat kimia dalam pestisida tersebut masuk ke dalam tubuh saat kita mengkonsumsinya, dengan makin sering kita makan maka makin terkumpul zat kimia berbahaya dalam tubuh yang bisa berakibat timbulnya penyakit. Oleh karena itu, kita dituntut untuk lebih jeli dan selektif dalam memilih buah dan sayuran sebagai cara pencegahan bahaya tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa bahaya pestisida bagi kesehatan dan bagaimana pencegahannya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bahaya Pestisida Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Menghindarinya

bahaya pestisida

Kandungan bahan dalam pestisida memang berbahaya yang akan dirasakan setelah konsumsi jangka yang panjang. Makan buah dan  sayur yang mengandung pestisida akan mendatangkan  penyakit jika bahan pestisida dikonsumsi dalam waktu lama dan berlebihan. Diantara penyakit yang akan menyerang antara lain kanker, gangguan sistem saraf, gangguan tiroid, dan melemahkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Baca juga: Bagaimana Cara Memasak Yang Baik Dan Sehat Di Rumah

Selain itu, bahaya pestisida juga bisa menjadi penyebab penyakit ginjal, bahan kimia pestisida akan menumpuk dan membuat kerja ginjal menjadi terganggu. Akibat selanjutnya terjadi gagal ginjal dan kerusakan organ ginjal yang parah. Lantas, bagaimana cara mencegah bahaya pestisida tersebut. Berikut ada tips cara membersihkan buah dan sayur yang sehat dan bersih dari pestisida, yaitu:

1. Biasakan Mencuci Tangan

Cara menghindari bahaya pestisida pada buah dan sayur yang efektif yaitu dengan memperhatikan kebersihan tangan. Caranya, biasakanlah mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum memegang buah atau sayuran, termasuk saat mencuci buah dan sayurannya. Dengan melakukan hal tersebut maka akan menghilangkan kandungan pestisida yang menempel pada kulit buah yang akan dimakan dan pada sayuran yang akan diolah menjadi masakan.

2. Mencuci Buah dan Sayur dengan Benar

Pencegahan bahaya pestisida pada buah dan sayur yang tepat yaitu dengan mencucinya dengan benar. Caranya, Cucilah buah dan sayur dengan air bersih dan mengalir agar kotoran dan bahan kimia hilang dari kulit buah dan sayuran tersebut. Selain itu,  Anda gunakan sikat gigi untuk menyikat buah dan sayur, atau dengan menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan pestisida dari buah dan sayuran.

Baca juga: Cara Membuat Jus Yang Sehat dan Enak yang Benar di Rumah

3. Buang Daun Terluar

Cara menghilangkan bahaya pestisida pada sayuran yaitu dengan membuang daun terluar. Hal ini berlaku untuk jenis sayuran yang memiliki daun yang berlapis lapis seperti kubis dan sejenisnya. Setelah dibuang  daun terluarnya 2-3 lapis kemudian bersihkan dan bilas dengan air bersih yang mengalir.

4. Kupas Kulit Sayur dan Buah

Cara mencegah bahaya pestisida yang ada pada buah dan sayur yaitu dengan mengupas kulitnya. Caranya, Kupaslah kulit sayur dan buah yang memiliki kulit tebal. Untuk membersihkan pestisida pada buah dan sayur yang memiliki lapisan lilin pada kulit luarnya yaitu dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam dan air lemon atau pun cuka untuk membersihkannya. Cuci dengan menggosok kulit dengan merata hingga benar-benar bersih.

5. Hindari Deterjen

Sering ada kesalahan yang dilakukan para wanita atau ibu-ibu yaitu membersihkan buah atau sayur dengan menggunakan deterjen. Hal itu tidak membersihkan kandungan bahaya pestisida malah justru sebaliknya. Penggunaan deterjen untuk membersihkan buah dan sayuran akan menambah bahan pestisida yang menempel pada buah dan sayur tersebut.

6. Memasak yang Benar

Salah satu cara yang ampuh menghilangkan bahaya pestisida pada sayuran yaitu dengan memasaknya dengan benar. Memasak sayuran yang baik yaitu dengan cara merebus atau menumis dan menggorengnya. Hal itu akan dapat membantu mengurangi bahan pestisida yang tidak hilang saat mencuci atau mengupasnya.

Demikianlah informasi tentang bahaya pestisida (bahan kimia) pada buah dan sayur serta cara menghindarinya, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Salam sehat!!

Baca juga: Cara Menyimpan Makanan Yang Baik Dan Benar Di Kulkas

 

Related Posts

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali